Loading... Please wait

Kontes Transeksual Kanada

Oleh Sarah B. Weir/Lika Aprilia Samiadi | Yahoo She

Finalis Miss Universe Kanada Jenna Talackova didiskualifikasi panitia dan tak bisa melanjutkan ke malam final yang akan digelar di Toronto bulan Mei 2012. Kontestan transeksual berusia 23 tahun asal Vancouver ini awalnya terpilih bersama 64 wanita lainnya untuk berkompetisi di kontes kecantikan Kanada. Menurut The Daily Mail, Direktur Miss Universe Kanada Denis Davila menyatakan bahwa Jenna didiskualifikasi karena setiap kontestan harus terlahir sebagai wanita.

Jenna Talackova menyebut keputusan ini sebagai isu hak azasi. Menurutnya, meski terlahir dengan fisik laki-laki, ia sudah merasa bahwa dirinya perempuan sejak umur 4 tahun. Jenna mulai menjalani terapi hormon di usia 14 dan operasi ganti kelamin di usia 19. Ia juga sudah berkali-kali mengikuti kontes kecantikan, baik yang khusus transeksual maupun yang untuk wanita.

"Saya hanya bisa bilang, mereka mendiskualifikasi saya karena saya tak terlahir sebagai wanita. Menurut saya tak masuk akal, karena sejak lahir pun saya merasa saya perempuan," ujar Jenna kepada National Post.

Setelah dikeluarkan dari Miss Universe Kanada, Jenna menulis di akun Twitter-nya, "Aku didiskualifikasi, tapi aku tak akan menyerah. Aku tak akan membiarkan mereka mengusirku karena diskriminasi." Dukungan untuk Jenna pun mulai mengalir di internet. Hingga saat ini ada lebih dari 21 ribu orang yang menandatangi petisi online supaya Jenna kembali diperbolehkan berkompetisi di Miss Universe Kanada. "Ia seorang wanita dan ia berhak diperlakukan seperti wanita lainnya," tulis pernyataan di petisi tersebut.

Jenna sendiri, yang masih menolak berbicara pada wartawan, mendeskripsikan dirinya sebagai, "wanita dengan masa lalu."

Bagaimana menurut Anda? Apakah Jenna seharusnya diizinkan terus melaju ke final Miss Universe Kanada? Beri tahu pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

Masukkan alamat email kamu disini:

Posting Keren Lainnya : Bloggeron

0 komentar:

:f :D :x B-) b-( :@ x( :? ;;) :-B :| :)) :(( =(( :s :-j :-p :-o :-g :-x

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer